Home Banom Sambutan Ketua PCNU Jakarta Utara, KH Agus Muslim SAg MPd, dalam Acara...

Sambutan Ketua PCNU Jakarta Utara, KH Agus Muslim SAg MPd, dalam Acara Peningkatan Pemahaman Ke-NU-an bagi Pengurus Badan Otonom

48
0
5/5 - (1 vote)

Acara Peningkatan Pemahaman Ke-NU-an bagi Pengurus Badan Otonom PWNU Jakarta Utara, Angkatan ke-1, Tahun Anggaran 2021, bagi PCNU Kota Jakarta Utara, Hari Kamis 14 Oktober 2021 di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara.

KH Agus Muslim, SAg, MPd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengabdian NU Jakarta Utara tidak pernah berhenti, bahkan di saat pandemi pun kita tetap hadir, sebagai contoh aktif di dalam mensukseskan vaksinasi, membantu warga isoman, distribusi sembako, dan sebagainya.

Ketua PCNU Jakarta Utara menyampaikan bahwa Acara Meningkatkan Pemahaman Ke-NU-an merupakan momentum yang sangat tepat untuk kepentingan organisasi secara struktural.

Ada tiga jenis NU :

Pertama, NU mualaf, yaitu ia tidak pernah menjadi pengurus NU, ia bukan dari keluarga NU, kemudian ia hadir di tengah-tengah struktur NU. Melalui acara ini bertujuan supaya faham bagaimana fikrah NU, harokah NU, pemikiran NU dan pengamalan NU di lapangan.

Kedua, NU biologis. Yaitu ia yang orang tuanya NU, kakeknya NU, keluarga besarnya NU, tetapi masuk struktur NU baru hari ini bahkan tidak faham dengan pemikiran NU, oleh sebab itu melalui acara ini kita akan memperoleh pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan ideologi ke-NU-an supaya meski pun kita NU mualaf atau NU biologis maka setelahnya kegiatan ini minimal kita sudah memperoleh gambaran awal tentang NU, adapun pemantapannya terdapat pada Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU).

Ketiga, NU Kader, yang memiliki ciri-ciri yang luar biasa, yaitu nahdliyin baik ia berada di struktural ataupun di luar struktural NU maka ia tetap taat dan patuh terhadap organisasi NU. NU Kader memiliki kekuatan, kepatuhan, dan ketaatan terhadap organisasi, baik ia terdapat di struktur maupun ia tidak masuk struktur. Inilah yang kita harapkan dari acara ini.


KH Agus Muslim mengucapkan terima kasih kepada PWNU DKI Jakarta yang sudah membuat Program Pemantapan Ke-NU-an.

Sebetulnya PCNU Jakarta Utara memiliki tiga program, sekaligus merupakan program PWNU DKI Jakarta, yaitu Kajian Kitab Kuning, kemarin sudah dilaksanakan di Cilincing dalam rangka pemantapan kitab kuning. Hari ini, pemantapan ke-NU-an, dan nanti tanggal 23, 24, 25 Oktober 2021 akan dilaksanakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU).

KH Agus Muslim juga mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar Walikota Jakarta Utara atas dukungan penuhnya dalam acara Pemantapan Ke-NU-an, Walikota bersama Wakil Walikota bersama seluruh jajarannya yang sudah menyediakan fasilitasnya, juga H Iyan Sopian Hadi (Kepala Kesbangpol, Jakarta Utara), demikian juga ucapan terima kasih kepada BPJS yang sudah ikut serta mensukseskan acara.

In sya Allah acara ini memiliki nilai yang luar biasa untuk NU dan untuk warga Jakarta Utara secara keseluruhan.

Diskusi Panel diisi oleh Pembicara yang berkompeten di bidangnya yaitu :

– KH Taufik Damas, LC (Penguatan Ideologi NU)
– KH Abdul Muin, MPd. (Managemen Organisasi ke NU an)
– H Iyan Sopian Hadi (Peran Ormas dalam Pembangunan Ekonomi dan Politik di Jakarta Utara)
– AKBP Slamet Wibisono Yanto, SIK.

Kamis 14 Oktober 2021

Dudi Akasyah
LTN-NU, Jakarta Utara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here